Wednesday 13 February 2013

Mainan keseimbangan dari lidi



Alat dan Bahan
http://belajar.indonesiamengajar.org/wp-content/uploads/2012/12/Mainan-Kreatif-Sederhana-Neraca-Keseimbangan-Cahaya-300x204.png
Wahyudi (kelas 3 SD) dengan neraca keseimbangan sederhana buatannya
1.       Cutter
2.       Batang lidi: 4 buah
3.       Karet gelang: (minimal 6 buah)
4.       Kelereng: 2 buah
5.       Plastik es mambo atau kantung plastik
Langkah Pembuatan
1. Ambil batang lidi di bagian yang lebih tebal.
Potong masing-masing batang lidi dengan  berbagai ukuran yang berbeda. Tidak ada ukuran yang saklek untuk panjang masing-masing lidi. Dalam proses pembuatan, kami tidak menggunakan penggaris sehingga tiap anak menghasilkan neraca keseimbangan dengan ukuran yang berbeda-beda. Yang pasti, dari batangan lidi tersebut, kita akan membentuk batang lidi tersebut seperti huruf A besar dengan rangka yang melintang di tengah-tengahnya.
Untuk perkiraan, berikut saya berikan ukuran panjang batang lidi dari neraca keseimbangan buatan saya sendiri (ukuran panjang telah dibulatkan).
·                     Panjang 20 cm (dua batang)
·                     Panjang 10 cm (1 batang)
·                     Panjang 13 cm (1 batang)
2. Ambil dua batang lidi yang berukuran 20 cm, buat menjadi bentuk kaki dari huruf A besar (V  terbalik). Kemudian bujurkan batang lidi yang berukuran 10 cm, sehingga menjadi bentuk huruf ‘A’ besar.
3. Kemudian ambil batang lidi terakhir yang berukuran 13 cm, lalu lintangkan di tengah-tengah batang lidi berbentuk A besar tadi. Bagian ini adalah sumbu neraca keseimbangan kita.
4. Jangan lupa untuk melebihkan sedikit batang lidi di bagian-bagian yang terdapat persilangan antar batang. Kemudian ikat persilangan antar batang tersebut dengan karet gelang agar bentuknya tidak bisa bergeser.
5. Bungkus 2 buah kelereng dengan sobekan plastik es mambo atau kantong plastik. Kemudian ikatkan masing-masing kelereng pada ujung-ujung kaki huruf A besar dengan menggunakan karet gelang. Kelereng ini berfungsi sebagai pemberat dan penjaga keseimbangan dari neraca kita. Voila! Jadilah neraca keseimbangan sederhana!
Cara Bermain
Cara memainkannya adalah dengan menaruh ujung sumbu neraca kita pada ujung jari. Neraca kita tidak akan jatuh sekalipun kita menggoyang-goyangkannya. Namun neraca akan jatuh bila kita mengguncangkannya terlalu keras atau melompat-lompat. Nah, Anda bisa membuat kompetisi berlari sambil membawa neraca keseimbangan tersebut. Siapa yang bisa paling cepat berlari sambil membawa neraca di ujung jari, dialah yang menang. Kita juga bisa mencoba menaruh sumbu neraca di benda-benda lain, seperti ujung meja atau pegangan pintu.
mau tau cara Cara buat kripik menjo pedas klik disini 

No comments:

Post a Comment